Minggu, 01 November 2015

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI



A.Organisasi dan Perubahan
Organisasi merupakan suatu kumpulanorang yang mempunyai tujuan yang sama.Anggota suatu organisasi bekerja bersama,saling mendukung satu dengan yang lain,sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.Olah karenanya komunikasi merupakan sa-lah unsur penting dalam organisasi, denganmana pesan disampaikan dari pengurus keanggota dan sebaliknya. Anggota dilibatkandalam pencapaian tujuan organisasi, sehing-ga ide-ide dari anggota merupakan masuk-an yang sangat berguna bagi kelangsunganhidup organisasi.Keberlangsungan hidup suatu organisa-si tidak dapat terlepas dari iklim dalam orga-nisasi, yang menggambarkan adanya suasa-na yang ada dalam organisasi. Dalam meng-gambarkan suasana dalam organisasi dapatdilihat dari iklim organisasi dan iklim ko-munikasi yang ada dalam organisasi.1.Iklim organisasiTiaguri (1968) menyatakan iklimorganisasi adalah kualitas yang relativeabadi dari lingkungan internal organisa-si yang dialami oleh anggota-anggota-nya, mempengaruhi tingkah laku mere-ka serta dapat diuraikan dengan istilahnilai-nilai suatu set karakteristik terten-tu dari lingkungan. (dalam Arni Mu-hammad, 2005 :82). Sementara Paynedan Pugh (1976) mendefinisikan iklimorganisasi sebagai suatu konsep yangmerefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah lakudan perasaan anggota terhadap suatusystem social. (dalam Arni Muhammad,2005 :82). Pendapat-pendapat tersebutmenunjukkan bahwa iklim organisasiadalah suatu konsep tentang suasana yangada dalam organisasi yang memungkin-kan anggota dan pengurus melakukankomunikasi.


2.Iklim komunikasi Iklim komunikasi menurut Denis(1975) sebagai kualitas pengalamanyang bersifat obyektif mengenai lingku-ngan internal organisasi yang mencakuppersepsi anggota organisasi terhadappesan dan hubungan pesan dengan ke- jadian yang terjadi di dalam organisas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar